Thursday, April 15, 2010

Pengertian dan Fungsi RSS (Really Simple Syndication)





Seberapa pentingkah RSS (Really Simple Syndication) itu?
Sebelum kita menjawab pertanyaan diatas , ada baiknya kita mengerti apa itu RSS?


Menurut situs Wikipedia: 
Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.


Nah dari pengertian diatas dapat kita sederhanakan pengertianya ,bahwa RSS merupakan rangkuman dari isi sebuah site yang ditujukan untuk memudahkan netter mendapatkan artikel-artikel atau berita terbaru tanpa harus mengunjungi site/blog pemilik RSS. Ada dua Istilah dari RSS ini yang saling mendukung yaitu si pengumpan RSS yang dikenal dengan isilah "RSS FEED" , RSS FEED ini-lah aplikasi yang ada site/blog kita yang bertugas merangkum semua isi dari site/blog kita. dan si Pengumpul RSS yang dikenal dengan istilah "RSS READER".



Keuntungan dari Aplikasi RSS:

1.Dari Segi si Pemasang RSS FEED :
   - Tentu saja Kunjungan atau "Traffic" dari si pengumpul RSS , dengan catatan si pengumpul tertarik dengan Judul Berita/Artikel yang berada pada RSS FEED si pemilik Site.
   - Mempercepat index artikel/berita si pemilik site di mesin-mesin pencari ,dengan memasang "RSS FEED"-nya pada "RSS Submiter", untuk penjelasan tentang RSS Submiter bisa anda baca di paragraph selanjutnya.
   - Untuk meningkatkan dan membantu Popularitas sebuah Site agar lebih dikenal, karena traffic atau pengunjung bisa saja berasal dari web "RSS Submiter" yang terindex oleh mesin pencari.
2.Dari Segi Pengumpul RSS atau (RSS READER)
   - Cepat mendapatkan artikel/berita terbaru dari 2 atau lebih site secara bersamaan tanpa harus mengaksesnya secara langsung, hanya dengan mengklik sebuah tombol "RSS Update" atau secara real time ter-update sendiri.

RSS SUBMITER
Bisa diistilahkan sebagai tempat dimana para Pemilik RSS FEED mendaftarkan RSS FEED miliknya sesuai dengan kategori dari masing-masing RSS FEEDnya. Peran dari RSS SUBMITER ini sendiri sangat besar , semakin banyak kita mendaftarkan RSS FEED kita ke RSS SUBMITER yang ada ,maka semakin besar peluang untuk mendapatkan Traffic atau pengunjung , dan semakin besar pula kita mempopulerkan sebuah Artikel di site kita.

Daripada tertalu banyak teori mari kita perjelas lagi fungsi dari RSS ini, dengan praktek langsung:
Kita pakai cara termudah untuk mengilustrasikan fungsi RSS ini:
1. Download Program RSS READER disini ==> Download FEEDREADER (Instal Aplikasi di komputer kita, Peran dari program ini nantinya sebagi RSS READER atau Pengumpul RSS FEED)
Gambar seperti dibawah ini:

feed reader


2.Cari-lah Tanda atau logo "RSS FEED" pada site yang kita inginkan, lalu klik tanda tersebut. 
Klik logo Rss Feed

3.Setelah diklik akan Muncul Gambar seperti ini, Kemudian Copy Url RSS-nya , 
copy paste url feed


4."Paste" ke RSS READER , dengan menekan tombol "F3" pada keyboard.
tambah feed rss (copy)


5.lihat hasilnya dibawah ini:
hasil Rss Reader


Semua Rangkuman Artikel/berita kita dapatkan dari satu aplikasi. Semoga praktek langsung yang singkat ini bisa memberikan ilustrasi atau bayangan kepada anda bagaimana sebuah Aplikasi RSS bekerja.



sumber: klik

5 comments:

  1. thx nih tutorialnya, keep blogging sob...

    ReplyDelete
  2. iya nih, taunya cuma make doank, thx dah dikasih penjelasannya...

    ReplyDelete
  3. sama-sama sob..
    saya juga sempat-sempatkan waktu untuk blogging di jadwal saya yang padat..
    saya sedang sibuk main facebook soalnya:D:D

    ReplyDelete
  4. @Internet dan bisnis Online: sama-sama..
    saya juga baru tahu dari blog lain :)

    ReplyDelete
  5. harus banyak belajar dari sini ni, sip sob nambah pengetahuan q yg masih newbie ini

    d tunggu comentdan fiw baliknya jika berkenan

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Artikel Acak