Friday, August 24, 2012

Tata Cara dan Prinsip Kungfu peremuk tulang Chinmi





Memang tampaknya mustahil menyamai kekuatan (&stamina) Chinmi dari kuil Dairin :p, tapi segala prinsip kungfu peremuk tulang adalah valid & benar dalam konsep bela diri.

1. Pukulan yang dilancarkan dengan kecepatan yang sama, lebih bertenaga kalau dilakukan orang yang lebih berat badannya. Lantas bagaimana dengan orang yang badannya ringan? Maka esensi dari kungfu peremuk tulang adalah melipatgandakan berat badan di saat memukul, yang juga akan melipatgandakan tenaga pukulan yang dilancarkan.

kung fu dairin peremuk tulang


2. Biasanya tenaga pukulah diperoleh dengan memberi jarak kemudian diberi kecepatan. Tapi kungfu peremuk tulang hampir tak memberi jarak. Kunci pertama adl pada hentakan kaki yang sangat kuat. Semakin kuat hentakan kaki, semakin besar berat badan yang bisa menambah tenaga pukulan.

3. Kunci kedua adl memperkuat hentakan kaki penopang.

 Sewaktu memukul atau menendang, titik pukul diperkecil menjadi satu titik. Maka dalam kungfu peremuk tulang, bagian yang harus diperkuat adalah ibu-jari kaki penopang, tempat tenaga diberikan sampai akhir. Hentakan ibu jari menentukan kekuatan pijakan.

4. Kunci ketiga adalah menjalarkan tenaga yang didapat dari pijakan kaki.

Pijakan kaki bukan hanya menambah laju pukulan dalam kungfu, tapi juga menghasilkan tenaga tambahan, yang kemudian harus dipindahkan ke lengan sambil memuntir pinggang Coba sendiri deh dengan sansak, dan perhatikan bedanya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Artikel Acak