Wednesday, July 13, 2011

Kenapa banyak orang Indonesia yang terpikat dengan MLM atau Betah jadi Karyawan? (pendapat pribadi)





kerja mlm bullshit

Tulisan saya ini adalah pendapat pribadi saya.. jadi benar tidaknya ya kembali lagi ke persepsi masing-masing.

Multi Level Marketing, atau biasa kita sebut MLM.. sepengetahuan saya yaa bisnis piramid.. itu doang hehehe..

Berikut adalah pendapat pribadi saya, bagaimana bisnis Multi Level bisa tumbuh suburrrrrrr di Negara Kesatuan Republik Indonesia

Langsung aja..

Ini adalah anggapan yang dipegang oleh MAYORITAS Penduduk Indonesia tentang "bagaimana cara menjadi kaya":

  • mencari pekerjaan itu sulit, apalagi di Ibukota..             Karena begitu sulitnya mencari pekerjaan, dan mudahnya perusahaan mendapatkan karyawan.. maka perusahaan memberikan upah dengan standar gaji kita STANDAR UMR. Kurangnya rasa syukur dan akhirnya mereka mengatakan "Ngga papa deh gaji pas-pas an yang penting gue kerja, udah ngga nganggur".

          Disaat merasakan gaji pas-pasan.. akhirnya mereka mendengar sebuah peluang agar pendapatan mereka bisa naik.. yaitu dengan bekerja sebagai PNS. Disaat mengetahui peluang tersebut, mungkin ratusan ribu para pencari kerja berlomba-lomba untuk bisa bekerja di Instansi (instan sih) Pemerintah tersebut.

          Soalnya Gosipnya gini : "kalo kerja jadi PNS terjamin gan.., tinggal duduk doang duit datang.., pas masa pensuin banyak duit.. pokoke terjamin dah sampe tua.."

              Jika anda termasuk dari salah satu orang yang tertarik ingin kerja santai (dengan melupakan kewajiban), terus duit datang.. jadi berhentilah memaki para koruptor.. karena anda sendiri sedang kearah sana untuk menjadi seperti mereka yang hanya menjadi BENALU NEGARA (tapi saya salut dan mengangkat topi untuk para PNS yang berbakti untuk negaranya).

    FAKTANYA :
    • Biaya
            Untuk bisa bekerja menjadi PNS, ternyata bukanlah hal mudah. Biasanya kita diharuskan mengeluarkan biaya masuk yang jumlahnya lumayan bisa buat beli bakso segerobak (atau mungkin lebih).
    • Persaingan
       Ga usah ditulis deh, kaya ga tau aja saingannya berapa..

    HASILNYA :
    •      Mungkin Dari 100.000 orang Indonesia hanya 1(SATU) yang lolos ujian CPNS, dan sisanya (99.999) tadi mungkin akan berpikir seperti ini : "huffft... kayanya susah deh buat jadi PNS, tapi gue ga mau gini-gini terus.. gaji gue pas-pas an men..!, GUE...PENGEN K.A.Y.A.. KAYA..!"

    SOLUSINYA:
    • Tinggalin aja, ga usah melamar kerja jadi PNS jika anda takut dengan uang tidak jelas.
    • Baca dibawahnya untuk solusi yang lain.

  • Butuh Modal BESAR kalo mau buka usaha

    Satu lagi anggapan keliru masyarakat kita, jika mereka memutuskan untuk membuka usaha maka anggapan mereka kurang lebihnya seperti ini :"boro-boro mau buka usaha, gaji tiap bulan aja masih suka kurang.. masa gue mau cari pinjaman.. tar kalo ga bisa bayar gimana? lebih baik saya tetap menjadi karyawan... lebih nyaman dibawah payung perusahaan..setiap bulan uang selalu datang"

    FAKTANYA :
    • Kita (karyawan) itu seperti baut di dalam sebuah mobi(perusahaan), yang apabila mobil tersebut kehilangan bautnya tidak masalah..atau tinggal membeli saja baut yang baru.
    • Butuh modal besar darimana?

    SOLUSINYA :
    • BUANG gengsi anda..!
              
      Saya tidak bermaksud sok menasehati anda.. dari awal saya sudah mengatakan "pendapat pribadi". Masyarakat Indonesia itu GENGSINYA GEDE. Perlu bukti??, oke apa gadget yang sedang booming akhir-akhir ini?yup betul, Blackberry!, berapa ribu, atau mungkin puluhan ribu, atau ratusan ribu orang yang PENGEN punya BB?ada yang sampai rela-rela KREDIT BB. hahaha..

            Sebenarnya Blackberry itu digunakan untuk bisnis oleh para pebisnis.. bukan biar ga malu kalo ditanya temen" Pin BB lu berapa?", atau fitur facebooknya doang.

              Seandainya anda membeli handphone tersebut seharga 3-4 Juta rupiah. Coba jika uang tersebut untuk modal franchise, misal membeli sebuah gerobak edam's burger yang hanya sekitar 2-jt an. Sisanya kan dapat anda gunakan untuk biaya perawatan, modal tetap, dan gaji karyawan burger. Mungkin kurang dari setengah tahun gerobak burger anda sudah ada 3 buah. Bagaimana jika sudah 3 atau 4 tahun? hmm.. hitung sendiri pendapatan anda, dan bandingkan dengan gaji anda saat bekerja di perusahaan.

              Masih kurang faktanya? oke, misalkan ada seorang FRESH GRADUATE yang baru pertama kali bekerja di perusahaan, dia mendapat gaji sekitar Rp.1,5 juta. Dari gaji tersebut setelah dipotong untuk kost, makan, dan biaya transportasi. Ternyata dalam sebulan masih tersisa Rp. 700Rb, akhirnya sisanya untuk kredit sepeda motor dengan biaya Rp.500rb/bulan. Sisanya? 200 ribu untuk jajan dong.. bener ga? hahaha..

          Selanjutnya, misalkan dalam 3 tahun bekerja disana dia naik gaji menjadi Rp. 2,5 Jt. Menurut anda apa yang dipikirkan olehnya? menurut saya sih seperti ini : "ahhh gaji gue naek..!, motor gue jual.. saat nya kredit motor yang lebih gede..". betul tidak?

           Entah berapa lama lagi saat gajinya mencapai 20-30 jt pun.. jika mindset tidak dirubah.. maka dia akan terus-terusan hidup dalam hutang. (cerita ini terinspirasi dari Bpk.Tung Desem Waringin)Mindset yang bagaimana? mindsetnya "tundalah kesenangan.. dan jadikan uang agar bisa bekerja untuk anda.., bukan anda bekerja untuk uang"
  • Menunda Kesenangan
            Ya.. menunda kesenangan, saat kita menginginkan suatu barang mewah, tapi uang kita belum cukup.. sebaiknya tidak usah kredit/hutang untuk mendapatkannya.
            Ternak uang agar uang anda cukup untuk membelinya suatu saat nanti. Caranya? sudah saya berikan contoh kan cerita tentang gerobak burger tadi?Cari peluang, biasakan berpikir dengan otak kanan (kreativitas).. lihat bangsa jepang yang kreatif..buktinya mereka bisa menjadi negara maju.
  • Mengapa malah ikut MLM?
            Nah ini dia.., saya tidak bisa sih menyalahkan para pelaku bisnis ini. Tapi dari sejak saya lahir ke dunia ini saya tidak pernah tertarik dengan bisnis sistem piramida ini. Ada juga diantara mereka yang berhasil sampai pada puncaknya dan mendapatkan bonus sebuah mobil mewah, walaupun menghabiskan waktu dan dana yang tidak sedikit.
          Tapi menurut kisah dari seorang sesepuh yang saya kenal, dia sudah mengikuti bisnis tersebut selama 15 tahun, bahkan dia sampai meninggalkan pekerjaan dan menjual mobilnya untuk terus aktif dalam bisnis tersebut.(lihat contohnya : http://www.sumintar.com/sekolah-bisnis-pertama-lewat-mlm.html)

Oh iya, yang jadi pertanyaan "Mengapa bisnis mlm malah tumbuh subur di Indonesia"(inilah inti dari artikel ini). Sekali lagi ini hanya pendapat pribadi saya.Ini jawaban saya : Dimana kita bisa punya pendapatan besar?

  • Ask : PNS?
  • Question : hmm.. udah pernah nyoba (udah tau) susah saingannya..
  • Ask : Buka Usaha?
  •  Question : MODALNYA MANA???
  • ASK : Gimana kalo ikut MLM, modal kecil.. Bonus BESAR
  •  Question : ah masa, gimana?
  • Ask : mau tau? bla..blablabla...
  •  Question : *pencerahan* mauuuu...
         Yaaa.., padahal peluang banyak.. banyak banget malah, tidak harus jatuh bangun dan berdarah-darah dalam mengejar downline, sebaiknya tanyakan pada para sesepuh yang sudah bertaubat dalam bisnis ini.. mereka sudah merasakan jatuh bangun dalam bisnis ini. Hitung juga pengeluaran anda, baik waktu dan biaya dalam membangun bisnis anda.

Sekali lagi, ini hanya pendapat saya. jika ada yang kurang mohon ditambahkan.

Dari 10.000 orang Indonesia, mungkin hanya 100 yang termotivasi dan menemukan peluang untuk maju, tapi dari keseratus orang tersebut hanya 1 yang mengetahui, dan melaksanakannya. Saya mungkin masih yang keseratus. Oleh karena itulah saya masih disebut Knowledge Junkie.

Wassalam,

Triwiyadi (Neody)

gplus.to/yadi

2 comments:

  1. mau ikutan bisnis "celana dalem" sistem MLM???? bagi anda yang mau ikutan, cukup menyerahkan foto kopi KTP, hewan peliharaan, dan unggas tetangga sebelah yang mati. OK:p what ever emang setiap bisnis itu pasti akan menimbulkan dampak negatif dan dampak positifnya. oleh karena itu saya akan menjelaskan tentang seberapa menarik bisnis MLM yang saya adakan ini. mungkin hanya 0.0032% orang indonesia yang mengetahui tentang bisnis MLM "celana dalem brbahan jeans" ini. karena menurut penelitian yang diadakan oleh beberapa ahli (nyopet, nipu, ngebajak, nyirih, ngegosip, dan fermentasi kaos kaki) bisnis ini memang memiliki incone yang menjanjikan. bahkan beberapa pejabat tinggi di desa saya yang telah menggeluti bisnis ini dengan "serius" ia langsung naik jabatan menjadi "Dewa", dan sebagian telah menjadi "Radja" yang selalu "Kangen" (band) ama rakyatnya

    ReplyDelete
  2. Tulisan yang sangat berkualitas...

    Dengan sistem piramid, memang tidak semua orang yang mengikutinya akan sampai di puncak. Mungkin sebagian besar akan mundur karena sulitnya jalan terjal yang harus dilalui.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Artikel Acak