Thursday, June 16, 2011

Cara Sederhana & Efektif Mengendalikan Emosi





Cara Sederhana & Efektif Mengendalikan Emosi
   
      Beberapa waktu lalu, ada sahabat saya yang menanyakan pada saya mengenai bagaimana cara mengendalikan emosi biar gak gampang marah.... Karena saya merasa jawaban sederhana dari saya ini mungkin bisa bermanfaat untuk teman-teman dan sahabat yang lain, akhirnya saya tulis menjadi sebuah catatan singkat yang merupakan copy paste dari jawaban saya... Oh ya, asal Anda tau, dulupun saya pernah memiliki watak "kurang Sabar", dan sekarang saya jauh lebih sabar dan bijaksana... Cie.. hehehehehe... Tapi beneran, sekarang saya memasang filter, boleh marah jika & hanya jika alasannya tepat... Nah, untuk marah yang kurang tepat dan tidak pada tempatnya, maka harus dicegah agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain...

Berikut tips sederhana dari saya untuk mengendalikan emosi...

        Yang pertama, kita harus memiliki prinsip yang benar dan tepat... setiap kali kita merasa ingin marah, kita harus tanya kepada diri sendiri "Tepatkah alasan saya untuk marah? Bijaksanakah saya bereaksi demikian hanya dari suatu kejadian seperti ini?" lalu pikirkan dan tunggu jawabannya sejenak di pikiran kita.

   Yang kedua, perhatikan pembicaraan pribadi / kata-kata yang sering kita ucapkan kepada diri kita sendiri, pastikan kata-kata yang kita ucapkan pada diri kita sendiri selalu positif dan dalam bentuk kalimat yang positif, dalam bentuk kalimat yang positif itu maksudnya jika kita tidak ingin menjadi pemarah, ya katakan & niatkan saya ingin menjadi pribadi yang penyabar & bijaksana, jika kita ingin TIDAK resah, gelisah, basah... eh basah, kok basah sih... ya katakan saya ingin hidup ini penuh ketenangan, kedamaian dan kenikmatan.. intinya FOKUSLAH pada yang KITA INGINKAN... yang sebaiknya dihindari adalah mengatakan "Saya tidak ingin ......." lebih baik cari lawan katanya yaitu "Saya ingin....." coba lihat http://www.dodiemagis.com/p/tips-hidup-lebih-nyaman-bahagia.html atau bisa dilihat juga di http://www.andaluarbiasa.com/the-power-of-self-talk.

Yang ketiga, pastikan pola nafas kita PELAN, PANJANG & DALAM, keluarnya pun perlahan-lahan, kita akan merasa jauh lebih tenang.... Pikiran menjadi jernih, sehingga tidak mudah diobok-obok... (Bukan lagunya Yoshua "Diobok-obok" yah)

sumber artikel : catatan dari seorang guru hipnotherapi  (Dodie Magis)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Artikel Acak