Thursday, June 16, 2011

Mau Panjang Umur dan awet muda? GAMPANG BANGET





   Setiap orang tentu mengharapkan hidup yang sehat dan bahagia sehingga pada akhirnya dapat mencapai usia yang relatif panjang.

   Harapan hidup orang Indonesia, menurut data Bappenas, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Bahkan pada 2025 nanti, harapan hidup orang Indonesia diproyeksikan bisa mencapai rata-rata 73 tahun.



    Untuk mencapai usia ideal tersebut, banyak cara yang dapat dilakukan. Menjaga hidup tetap sehat dengan mengatur gaya hidup dan aktivitas adalah salah satu kuncinya. Tetapi tak jarang pula ada sebagian orang melakukan upaya medis tertentu yang diyakini dapat memperpanjang usia.

    Di antara beragam upaya, sebenarnya ada cara murah, mudah dan sederhana agar seseorang bisa mencapai umur ideal. Berikut adalah enam cara yang dapat ditempuh supaya hidup lebih sehat, aktif, dan terhindar dari penyakit, dan awet muda :

1. Banyak bergerak
Tambah usia: 2-4 tahun
panjang umur dan awet muda dengan olahraga

      Para peneliti dari Belanda dan Australia menemukan bahwa latihan kardiovaskular intensitas sedang hingga tinggi, seperti berlari 30 menit 5 hari seminggu, memperpanjang usia 2 hingga 4 tahun dan tetap awet muda. Keuntungan lain, 1 hingga 3 tahun bebas dari penyakit jantung. Penyebabnya, lari memperkuat otot jantung dan otot-otot lain, serta menurunkan kadar kolesterol. Jika Anda tak kuat lari, lakukan jalan sehat 30 menit sehari. Kegiatan ini dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga separuhnya.

2. Konsumsi makanan bermutu 
Tambah usia: 4 tahun atau lebih
makanan sehat agar panjang umur dan awet muda

     Makanan yang bagus untuk panjang usia adalah dark chocolate, kacang almond, buah-buahan, sayuran, bawang putih, ikan, segelas anggur merah. Jenis makanan sehat ini bakal menambah usia hingga 4 tahun menurut riset yang dilakukan oleh British Medical Journal karena kaya akan zat antioksidan, zat antiperadangan asam lemak omega 3, serat, dan zat gizi lain yang dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 76 persen. Makanan bermutu itu juga menurunkan risiko kanker payudara hingga 22 persen. Orang-orang panjang usia yang hidup lebih dari 100 tahun memiliki pola makan seperti ini. Percayalah, mereka jarang mengasup makanan kaya lemak seperti donat.

 3. Berhenti merokok
Tambah usia: 2 hingga 8 tahun

     Semakin muda usia Anda berhenti merokok, semakin baik. Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Public Health menemukan bahwa perokok yang berhenti sebelum 35 tahun dapat meningkatkan harapan hidupnya 6 hingga 7 tahun.

4. Kurangi kelebihan lemak
Tambah usia: 3 hingga 4 tahun

       Mengurangi kelebihan lemak berarti menurunkan risiko kematian 20 hingga 40 persen. Itu menurut penelitian National Cancer Institute dari AS. Penelitian lain berhasil menemukan kaitan antara kelebihan berat badan dengan kadar kolesterol tinggi, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

 5. Lakukan permainan otak Tambah usia: 2 tahun atau lebih

         Banyak ahli percaya bahwa latihan mental dapat menjaga sel-sel otak tetap aktif dan efisien, saat kita bertambah tua. Terus belajar seumur hidup ditambah melakukan kebiasaan hidup sehat dapat memperpanjang usia paling tidak 2 tahun. Satu permainan otak seminggu sekali saja bisa menambah ketajaman otak sebesar 7 persen. Semain banyak dilatih, semakin besar persentase itu. Karena itu, sering-seringlah membaca, bermain sudoku, menyusun puzzle untuk menurunkan alzheimer, kata Gary Smal, kepala Memory and Aging Research Center dari University of California, Los Angeles.

 6. Bercinta (Khusus Suami Istri)
 Tambah usia: 3-8 tahun

      Berhubungan seks dua hingga tiga kali seminggu dapat meningkatkan usia karena menurunkan risiko Anda terhadap sakit jantung dan stroke hingga separuhnya. Itu karena hubungan seksual membakar sekitar 200 kalori, jumlah kalori yang setara dengan berlari selama 30 menit. Berhubungan seks juga bermanfaat menurunkan tekanan darah, membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengeluarkan hormon yang melindungi jantung. Jika seks itu merupakan bagian dari perkawinan bahagia, usia Anda akan bertambah 5 tahun lagi.


Ayo tinggal pilih aja.
Semua ENAK dan ENAK BANGET.
Life is FULL of CHOICES
and The CHOICE is YOU
sumber dari catatan facebook bapak Sulistyo Agustinus

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Artikel Acak